Rizky
Amalia
I24140067
Departemen
Ilmu Keluarga dan Konsumen
Perilaku Konsumen IKK233 (Costumer Behaviour Class)
Department of Family and Costumer Sciences ( www.ikk.fema.ipb.ac.id )
College of Human Ecology ( www.fema.ipb.ac.id )
Bogor Agricultural University / IPB ( www.ipb.ac.id )
Dosen :
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc (www.sumarwan.staff.ipb.ac.id , www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id
, sumarwan@mb.ipb.ac.id )
Dr. Ir. Lilik Noor Yulianti, MFSA
Dr. Ir. Megawati Simanjuntak, MS
Ir. MD Djamaluddin, M. Sc
Ir. Retnaningsih, MS
Text Book :
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta : PT Ghalia lndonesia
Buku Perilaku Ilmu Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran
Kuliah kedua mata kuliah Perilaku Konsumen (Perilkon) ini dibimbing oleh Pak. Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc yang tidak lain
adalah Ketua Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen. tepatnya Senin pagi 14 September 2015, Pak Ujang sudah berada di kelas setengah jam sebelum perkuliahan dimulai. Kesan pertama yang saya dapat setelah melihat Pak Ujang menurut saya beliau adalah orang yang wise, penuh cerita, mudah berbagi pengalaman, dan pastinya bijaksana.
Materi yang saya terima di kuliah kedua ini mengenai Motivasi, saya pernah dapat juga matakuliah Pengantar Psikologi yang membahas tentang Motivasi, ternyata tidak terlalu berbeda.
MOTIVASI
Motivasi muncul karena adanya kebutuhan yang dirasakan oleh konsumen. Kebutuhan muncul karena konsumen merasakan ketidaknyamanan antara yang seharusnya dirasakan dan sesungguhnya dibutuhkan.
Kebutuhan dan keinginan yang tidak terpenuhi menghasilkan tekanan pada diri untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut. Disisi lain proses belajar dan proses kognitif juga mempengaruhi perilaku seseorang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut.
Kebutuhan ada yang berasal dari dalam diri dan ada juga dari luar (lingkungan), selain itu juga ada primarily needs dan secondary needs.
Jika kita mengetahui motivasi yang ada dalam diri kita, artinya kita mempunyai tujuan. Tujuan adalah suatu cara untuk memenuhi kebutuhan.
Nah, tujuan dibagi dua kategori, yaitu :
1. Tujuan Umum : Kategori umum dari tujuan yang dipandang sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan.
Contoh paling mudah dari tujuan umum misal kamu mau menghilangkan rasa haus, pastinya yang kamu lakukan adalah mengambil air dan meminumnya (tidak memikirkan merek dari air minum tersebut)
2. Tujuan produk Khusus : Produk atau jasa dari merek tertentu yang dipilih oleh konsumen sebagai tujuannya.
Contohnya kita ambil dari kasus di contoh tujuan umum. Ketika kamu merasa haus dan mengambil air untuk minum kamu harus minum dengan satu minuman bermerek tertentu. nah pemilihan produk khusus ini yang merupakan contoh dari tujuan produk khusus.
Teori kebutuhan Maslow yang berjenjang, terbagi menjadi lima tingkatan yaitu
1. Kebutuhan fisiologis
2. Kebutuhan akan rasa aman
3. Kebutuhan Sosial
4. Kebutuhan ego
5. Aktualisasi diri
Teori Motivasi Mc.Clelland membagi kebutuhan menjadi tiga, yaitu :
1. kebutuhan sukses
2. kebutuhan afiliansi
3. kebutuhan kekuasaan
Ada dua aplikasi dari teori motivasi yaitu segmentasi dan positioning. segmentasi merupakan produk dan jasa yang dipasarkan dapat diarahkan untuk target pasar berdasarkan tingkat kebutuhan. sedangkan positioning merupakan citra produk atau jasa yang diinginkan konsumen.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar